Cara riset keyword itu tidak mudah. Namun, jangan khawatir! Banyak tool riset keyword gratis yang bisa kita gunakan, seperti Ubersuggest. Sebelum kamu melangkah mencari riset keyword gratis, ada baiknya kamu harus optimasi dulu blog yang kamu miliki. Bagaimana caranya? Semua telah saya tulis dalam 6 Tips Membangun Blog untuk Pemula.

Setelah kamu berhasil dengan optimasi yang kamu lakukan, tips yang harus dilakukan untuk bisa sukses blogging adalah konsisten menulis.

Riset keyword sama sulitnya dengan membangun blog. Kamu harus mengenal kemampuan kamu sebelum kamu membidik keyword yang tepat untuk blog kamu. Cara tradisional yang biasa para blogger lakukan adalah dengan meletakkan keyword blog sebagai metakeyword. Namun, perlahan algoritma google selalu diperbarui sehingga untuk sekarang, menetapkan keyword tidak terlalu berpengaruh.

Siapa bilang Keyword Tidak Penting?

Metakeyword memang sering disalahgunakan. Seperti blog yang hanya membahas lifestyle, hanya untuk menarik pengunjung, semua keyword yang tidak berhubungan dimasukkan. Untuk itulah alasan mengapa google selalu memperbarui algoritmanya. Saya sendiri membandingkannya dengan mencari queri di search engine yang berbeda. Saya gunakan Bing dan Google. Setelah saya ketikkan keyword di kotak pencarian, muncul hasil yang berbeda. Kenapa? Inilah mengapa keyword masih penting untuk diterapkan.

Riset keyword atau kata kunci tidak hanya dalam metakeyword ataupun metatag blog. Kamu bisa menerapkannya dalam setiap artikel yang kamu post setiap hari. Menerapkan keyword artinya kamu juga mengaplikasikan basic SEO dalam setiap konten yang kamu tulis. Cukup sederhana bagi yang menggunakan WordPress mungkin hanya perlu menginstal plugin untuk mempermudah analisis SEO setiap artikel yang dibuat. Lalu, bagaimana dengan yang menggunakan blogger?

Baca juga: Cara mencari uang secara online tanpa modal biaya

Membuat Keyword di Blogger untuk Optimasi SEO

Tips sederhananya adalah dengan mengembangkan dasar SEO dalam artikel. Keyword bisa kamu masukkan dalam judul yang kamu buat. Misal, kamu memilih keyword Cara Membuat Keyword, maka masukkan frasa tersebut dalam judul.

Jangan lupa, karena di blogger tidak ada blok otomatis yang bisa dengan mudah mengganti tipe paragraf. Kamu perlu menambahkan heading untuk membuat fokus keyword semakin tajam. Jangan lupa juga, setiap awal paragraf, tulislah dulu kata kunci kemudian sambungkan dengan frasa yang sesuai. Dalam tulisan kamu, setidaknya letakkan beberapa kata kunci yang kamu tulis dalam artikel. Hal ini akan menjadi fokus search engine dalam mengkrawl situs kamu saat sebuah queri pencarian dilakukan.

Tambahkan pula gambar dan berikan judul atribut untuk gambar. Biasanya, hal ini yang sering lupa dilakukan oleh beberapa blogger.

Cara Riset Keyword di Ubersuggest

Suhu blogger mungkin sudah mengenal tool SEO gratis satu ini. Fitur gratis yang ditawarkan cukup lengkap. Namun, saya merasa bahwa crawl backlink yang diberikan data ubersuggest tidak seakurat Ahrefs maupun Moz. Untuk tool dari google, saya belum pernah mencobanya. Hanya search console dan google analytics yang saya gunakan.

ubersuggest
tampilan dashboard analisis situs di ubersuggest

Seperti cara sederhana lain, kamu cukup mengunjungi laman ubersuggest. Ubersuggest adalah tools gratis dari website Neil Patel. Jadi, jika kamu mengetik kolom pencarian ubersuggest di google, kemungkinan kamu akan mengunjungi situs Neil Patel. Jika demikian, silahkan cari tool yang ada di menu footer atau bisa langsung sematkan link kamu di kotak analyze.

Step by Step! Cara Riset Keyword di Ubersuggest

Pada lama ubersuggest, ketiklah nama domain kompetitor terbesar untuk blog yang kamu miliki dan klik cari.

cara riset keyword di ubersuggest

Di bagian menu navigasi sebelah kiri, klik pada “Keyword”

Cara membuat keyword di blogger

Ini adalah laporan yang memberikanmu data garis besar semua keyword yang digunakan oleh kompetitormu sehingga bisa menjadi ranking page one.

riset keyword gratis
gambar hasil sematan

Kamu juga akan melihat data bagaimana traffic kompetitormu, pengunjung organik, serta estimasi kunjungan per bulan. DA dan PA pun juga bisa kamu analisis dalam tool gratis neil patel, ubersuggest. Keyword long tail atau biasanya menggunakan lebih dari dua kata sebenarnya lebih baik daripada keyword dua kata. Alasannya karena lebih spesifik serta ketika queri pencarian dilakukan, maka keyword spesifik akan didahulukan (Catatan: Mengabaikan faktor yang lain).

Carilah keyword yang sangat relevan pada apa yang coba kamu tawarkan atau jual di situs kamu dan memiliki persaingan rendah (SD Number) dan volume pencarian lebih dari 500.

Itulah keyword yang tepat untuk kamu gunakan sebagai metode SEO artikel

Skrol ke bawah dan cek beberapa list selanjutnya dari beberapa keyword yang kamu rasa juga potensial selain kriteria di atas. Juga, pastikan keyword yang kamu pilih itu relevan dengan keperluan blog atau situs kamu.

riset keyword

Ekspor daftar list keyword ke CSV dan buatlah list target master. Keyword dengan pencarian rendah “SD” lebih sulit itu lebih mudah untuk mendapat rank. Jadi, lebih mudah untuk menargetkan kata kunci itu pertama.

Untuk bisa rank dengan keyword yang kamu butuhkan adalah membuat konten atau postingan blog seputar keyword tersebut. Kamu hanya perlu membuat postingan yang menyebutkan keyword tersebut, sesuai yang saya paparkan di atas. Atau jika kamu telah memiliki postingan yang relevan, kamu hanya perlu menambahkan kata kunci tersebut dalam artikelmu.

Simpel bukan? Hanya butuh lima langkah sederhana untuk memulai riset keyword dengan ubersuggest. 🙂